DEFINISI TRAFIK
Secara umum, pengertian
trafik adalah perpindahan suatu benda dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam
lingkungan telekomunikasi benda adalah berupa informasi yang dikirim melalui
media transmisi. Sehingga trafik dapat didefinisikan sebagai perpindahan
informasi (pulsa, frekuensi, percakapan, dsb) dari suatu tempat ke tempat lain
melalui media telekomunikasi.
Misalkan ada 2 buah sentral
A dan B dihubungkan dengan sebuah saluran (sirkit) seperti gambar di bawah ini
:
Bila trafik dalam suatu sistem peralatan telekomunikasi diamati, maka akan terlihat bahwa harganya akan berubah-ubah (bervariasi).
Ada 2 (dua) bentuk network dasar, yaitu :
~Mata jala ~Bintang
Ada 2 (dua) bentuk network dasar, yaitu :
~Mata jala ~Bintang
Sirkit A–B hanya dapat dipakai oleh satu
panggilan percakapan dalam satu satuan waktu. Sirkit A-B dikatakan dipakai jika
sirkit A-B sedang menggenggam sebuah panggilan atau percakapan atau dengan kata
lain sirkit tersebut sedang diduduki oleh suatu panggilan. Dinyatakan bebas
(idle) apabila tidak ada panggilan yang datang.
B. KARAKTERISTIK TRAFIK DAN JAM KERJA
Sumber
trafik adalah pelanggan. Kapan dan berapa lama pelanggan mengadakan pembicaraan
telepon tidak dapat ditentukan lebih dahulu. Jadi trafik ini besarnya merupakan
besar statistik dan kuantitasnya hanya bisa diselesaikan dengan statistik dan
teori probabilitas. Jumlah panggilan merupakan fungsi waktu, sedang variasi
dari jumlah panggilan tersebut sama dengan variasi trafik.
Variasi
trafik terjadi dalam interval waktu :
a. Menit ke menit
b. Jam ke jam
c. Hari ke hari
d. Musim ke musim (hari besar, musim
liburan, dll)
Variasi
dalam waktu yang pendek (dalam satu jam) terlihat bahwa perubahannya tidak
teratur, dapat naik, dapat turun ataupun tetap. Hal ini karena ternyata sumbangan trafik terbesar berasal
dari pelanggan bisnis.
Bila
pengamatan trafik tersebut dilakukan pada hari-hari lain, bentuk kurvanya tidak
tepat sama, mungkin nilai tertingginya terjadi pada sekitar pukul 10.30. Dari
kurva-kurva tersebut terdapat pengertian : Jam Sibuk (Time Consistent Busy
Hour).
Jam
Sibuk yaitu periode satu jam (60 menit) dalam satu hari di mana trafiknya
mempunyai nilai tertinggi dalam jangka lama. Jadi jam sibuk ini didapat dari
kurva rata-rata dari banyak kurva (banyak hari).
C.
Aktivitas dan Tujuan Traffic Engineering
Peranan Traffic Engineering dalam aktivitas
administrasi telekomunikasi yaitu :
·
Membuat perencanaan overall network
telekomunikasi.
·
Menentukan dimensi setiap komponen dalam
network (perangkat dan rute).
·
Membuat perencanaan extension yang akan
datang secara akurat.
·
Meng-adjust ruting trafik secara terus
menerus sesuai dengan variasi trafik dan demand.
·
Mendapatkan keseimbangan antara cost dan
service components pada network.
·
Melaksanakan traffic engineering secara
benar akan sangat berarti bagi administrasi telekomunikasi, yaitu untuk
mengoptimalkan pengembalian investasi, dengan cara :
o
Membuat ukuran extension yang benar,
pada tempat dan waktu yang tepat.
o
Menyediakan network yang cocok dengan
kebutuhan trafik yang sesungguhnya dan yang sesuai dengan pola permintaan
panggilan.
o
Memperoleh pemakaian network setinggi
mungkin dengan grade of service sebaik mungkin.
D.
MACAM
TRAFIK
Dalam
telekomunikasi, dikenal 3 (tiga) jenis trafik, yaitu :
·
Trafik
yang ditawarkan ke system jaringan (offered traffic) = Ao
·
Trafik
yang dimuat dalam system (carried traffic) = Ac
·
Trafik
yang ditolak oleh system (rejected traffic) = Ar
E. JENIS NETWORK (JARINGAN)
F.
CONNECTION
CASES(KASUS DALAM PENYAMBUNGAN)
Perhitungan dan perkiraan
karakteristik trafik lebih dahulu mendefinisikan faktor-faktor di bawah ini :
·
Input trafik
·
Grouping
ü Group Full Availability
ü Group Limited Availability
·
Methode hunting
ü Sequential hunting
ü Random hunting
·
Penanganan Panggilan Yang Tidak Sukses
ü Loss
System
ü Delay
System
ü Overflow
System

Tidak ada komentar:
Posting Komentar