Mengenai Saya

Minggu, 19 Januari 2014

KONSEP DASAR TRAFIK

DEFINISI TRAFIK
Secara umum, pengertian trafik adalah perpindahan suatu benda dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam lingkungan telekomunikasi benda adalah berupa informasi yang dikirim melalui media transmisi. Sehingga trafik dapat didefinisikan sebagai perpindahan informasi (pulsa, frekuensi, percakapan, dsb) dari suatu tempat ke tempat lain melalui media telekomunikasi.
Misalkan ada 2 buah sentral A dan B dihubungkan dengan sebuah saluran (sirkit) seperti gambar di bawah ini :

Bila trafik dalam suatu sistem peralatan telekomunikasi diamati, maka akan terlihat bahwa harganya akan berubah-ubah (bervariasi).
 

 Ada 2 (dua) bentuk network dasar, yaitu :
        ~Mata jala                                                             ~Bintang

 Ada 2 (dua) bentuk network dasar, yaitu :
        ~Mata jala                                                             ~Bintang
       


Sirkit A–B hanya dapat dipakai oleh satu panggilan percakapan dalam satu satuan waktu. Sirkit A-B dikatakan dipakai jika sirkit A-B sedang menggenggam sebuah panggilan atau percakapan atau dengan kata lain sirkit tersebut sedang diduduki oleh suatu panggilan. Dinyatakan bebas (idle) apabila tidak ada panggilan yang datang.
B.     KARAKTERISTIK TRAFIK DAN JAM KERJA
Sumber trafik adalah pelanggan. Kapan dan berapa lama pelanggan mengadakan pembicaraan telepon tidak dapat ditentukan lebih dahulu. Jadi trafik ini besarnya merupakan besar statistik dan kuantitasnya hanya bisa diselesaikan dengan statistik dan teori probabilitas. Jumlah panggilan merupakan fungsi waktu, sedang variasi dari jumlah panggilan tersebut sama dengan variasi trafik.
Variasi trafik terjadi dalam interval waktu :
a.       Menit ke menit
b.      Jam ke jam
c.       Hari ke hari
d.      Musim ke musim (hari besar, musim liburan, dll)
Variasi dalam waktu yang pendek (dalam satu jam) terlihat bahwa perubahannya tidak teratur, dapat naik, dapat turun ataupun tetap. Hal ini karena ternyata sumbangan trafik terbesar berasal dari pelanggan bisnis.
Bila pengamatan trafik tersebut dilakukan pada hari-hari lain, bentuk kurvanya tidak tepat sama, mungkin nilai tertingginya terjadi pada sekitar pukul 10.30. Dari kurva-kurva tersebut terdapat pengertian : Jam Sibuk (Time Consistent Busy Hour).
Jam Sibuk yaitu periode satu jam (60 menit) dalam satu hari di mana trafiknya mempunyai nilai tertinggi dalam jangka lama. Jadi jam sibuk ini didapat dari kurva rata-rata dari banyak kurva (banyak hari).
C.     Aktivitas dan Tujuan Traffic Engineering
Peranan Traffic Engineering dalam aktivitas administrasi telekomunikasi yaitu :
·         Membuat perencanaan overall network telekomunikasi.
·         Menentukan dimensi setiap komponen dalam network (perangkat dan rute).
·         Membuat perencanaan extension yang akan datang secara akurat.
·         Meng-adjust ruting trafik secara terus menerus sesuai dengan variasi trafik dan demand.
·         Mendapatkan keseimbangan antara cost dan service components pada network.
·         Melaksanakan traffic engineering secara benar akan sangat berarti bagi administrasi telekomunikasi, yaitu untuk mengoptimalkan pengembalian investasi, dengan cara :
o   Membuat ukuran extension yang benar, pada tempat dan waktu yang tepat.
o   Menyediakan network yang cocok dengan kebutuhan trafik yang sesungguhnya dan yang sesuai dengan pola permintaan panggilan.
o   Memperoleh pemakaian network setinggi mungkin dengan grade of service sebaik mungkin.
D.    MACAM TRAFIK
Dalam telekomunikasi, dikenal 3 (tiga) jenis trafik, yaitu :
·         Trafik yang ditawarkan ke system jaringan (offered traffic) = Ao
·         Trafik yang dimuat dalam system (carried traffic) = Ac
·         Trafik yang ditolak oleh system (rejected traffic) = Ar

E.     JENIS NETWORK (JARINGAN)

F.     CONNECTION CASES(KASUS DALAM PENYAMBUNGAN)

Perhitungan dan perkiraan karakteristik trafik lebih dahulu mendefinisikan faktor-faktor di bawah ini :
·         Input trafik
·         Grouping
ü  Group Full Availability
ü  Group Limited Availability
·         Methode hunting
ü  Sequential hunting
ü  Random hunting
·         Penanganan Panggilan Yang Tidak Sukses
ü  Loss System
ü  Delay System
ü  Overflow System


Tidak ada komentar:

Posting Komentar